8 Pemanfaatan Multimedia yang harus diketahui

 


Pemanfaatan,Manfaat dan Penggunaaan Multimedia


PEMANFAATAN MULTIMEDIA

Multimedia membawa cara baru dalam pemerolehan informasi melalui aktivitas membaca.Membaca menggunakan multimedia bisa memberikan beberapa manfaat, yaitu menjadikan kegiatan membaca lebih dinamis dengan memberi dimensi baru pada kata-kata. 

Apalagi dalam hal penyampaian makna, kata-kata dalam aplikasi multimedia bisa menjadi pemicu yang dapat digunakan memperluas cakupan teks untuk memeriksa suatu topik tertentu secara lebih luas.hal ini bukan hanya dengan menyediakan lebih banyak teks melainkan juga menghidupkan teks dengan menyertakan bunyi, gambar, musik, animasi dan video.

Dengan dokumen berbentuk multimedia dapat mengatasi persoalan yang dihadapi seperti kesulitan tidak menemukan kembali topik dari buku yang sudah dibaca sebelumnya.Bahkan dapat mencari seluruh teks yang menggunakan kata kunci tentang satu  atau  beberapa topik.

Disamping itu, dokumen multimedia dapat menunjukkan acuan bukan hanya ke topik yang tercantum di dalam dokumen itu sendiri,tetapi juga ke dokumen-dokumen lain yang terhubung dengan dokumen tersebut, serta ke semua dokumen yang terhubung dengan dokumen-dokumen ini, dan seterusnya. 

Multimedia menggunakan link yang memungkinkan menelusuri jagad informasi yang saling terhubung dengan sangat cepat, setara dengan kecepatan cahaya,karena menggunakan gelombang elektromagnetik.Jaringan global multimedia ini sering dinamakan Superhighway Informasi.


Pemanfaatan multimedia 

Pemanfaatan multimedia  dapat dilakukan dalam berbagai bidang, antara lain:

  • Teleworking adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaannya tidak harus dari kantor. Contoh software yang mendukung teleworking/telecommuting adalah Netmeeting.
  • Homeshopping/teleshopping yaitu belanja dilakukan dengan  menggunakan  internet,kemudian  barang datang diantar ke rumah.
  • Jual beli  yaitu menggunakan sistem jual beli online, atau bank menggunakan cara online-banking.
  • Memperoleh  informasi  yaitu menggunakan  internet  dan berbagai  software  untuk  mencari  informasi.Misalnya: membaca koran online, belajar musik dari software dan sebagainya.
  • Belajar proses pembelajaran menggunakan komputer multimedia dengan adanya mengajar atau belajar online, ataupun menggunakan e-book (electronic book).

Multimedia juga memiliki peran yang penting dalam berbagai bidang, seperti: ekonomi, pendidikan, teknologi informasi, dan bidang lainnya.


1.Ekonomi/bisnis


Penyajian multimedia secara visual dapat membantu menjelaskan bidang  ekonomi atau bisnis yang ditawarkan  seperti: tentang profil, produk, jasa, maupun hal lain mengenai perusahaan.Penyajian  bisnis  bisa  merupakan multimedia  linier  atau multimedia interaktif yang diperlukan untuk menjelaskan sesuatu lebih terperinci dan akurat.Informasi dibuat bisa dalam bentuk CD atau DVD,sehingga dapat digunakan untuk presentasi di manapun. 
Informasi itu dapat dibuat dengan durasi yang terbatas bila akan digunakan untuk media TV.

Pemanfaatan Multimedia dbidang Ekonomi atau Bisnis



2.Informasi dan Komunikasi


Penyajian informasi dapat dikomunikasikan menggunakan alat bantu seperti hardcopy, CD/DVD, atau komputer. 
Pembuatan dan penyajian informasi dengan komputer berbasis multimedia dilengkapi dengan kemampuan menyajikan animasi, suara dan interactive link, 
sehingga lebih komunikatif.Bidang informasi dan komunikasi diantaranya berkaitan dengan jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif.

Alat ini dapat bekerja sepanjang waktu,bahkan saat tengah malam, dimana tenaga konvensional tidak tersedia dikarenakan waktu yang terbatas.
Di tempat-tempat umum seperti di pusat perbelanjaan dapat memberikan informasi tentang peta kota, jadwal transportasi, tempat wisata,keadaan
pusat perbelanjaan dan sebagainya. Pemasangan printer biasanya disertakan agar pengguna dapat membawa informasi tertulis.

Pemanfaatan Multimedia dibidang Informasi dan komunikasi

3.Iklan


Bidang  periklanan  yang  efektif  dan  interaktif. Iklan digunakan untuk menawarkan produk kepada konsumen.Iklan bisa berbentuk teks atau audio yang dilengkapi video.Iklan tersebut dapat dilengkapi animasi seperti gambar kartun dua dimensi atau tiga dimensi dengan perangkat lunak yang tersedia. 

Pembuatan iklan berbasis multimedia dapat dilakukan dengan komputer melalui  cara  pemodelan,pembuatan animasi teks dan gambar serta  suara. 
Iklan akan lebih komunikatif  bila  konsumen dapat interaktif melakukan pemrosesan dan hasilnya dapat dilihat langsung.

Iklan dibuat agar bisa disajikan melalui televisi ataudibuat dalam bentuk CD ROM,sehingga dapat digunakan di manapun pemasar dan konsumen berada.

Pemanfaatan Multimedia dibidang Iklan



4.Pendidikan

Bidang pendidikan dalam penyampaian bahan ajar secara interaktif dan dapat  mempermudah pembelajaran karena didukung oleh berbagai aspek seperti suara/audio,video,animasi,teks,dan grafik.

Pendidikan sangat membutuhkan teknologi multimedia.Peserta didik dapat langsung melihat dan mendengar tentang hal-hal yang dipelajarinya.Dalam aplikasi pembelajaran peserta didik dapat memilih materi atau subjek yang akan dipelajari.

Di layar monitor akan muncul teks materi/subjek disertai gambar, suara, atau gambar hidup dari subjek yang dipelajari. 
Perhatian orang yang melihat akan lebih terpusat dan rasa ingin tahunya akan lebih tinggi untuk mengetahui hal-hal lain karena merasa tertarik akan media penyajiannya.

Proses belajar mengajar biasanya hanya menggunakan alat bantu papan tulis, white board, buku-buku, diktat, dan lain-lain.Penggunaan alat bantu konvensional ini belum dapat mencapai tujuan secara optimal.

Untuk meningkatkan kualitas hasil pembelajaran, diperlukan perangkat lunak aplikasi pendidikan dengan bantuan komputer berbasis multimedia yang lebih komunikatif dan  interaktif. Hasil belajar peserta didik dapat disimpan dalam basisdata dapat diakses jika diperlukan.

Pemanfaatan Multimedia dibidang Pendidikan



5.Film

Film animasi dapat ditayangkan melalui televisi, internet, maupun hiburan di rumah.Film animasi dapat digunakan untuk presentasi, modelling, dokumenter dan lain-lain.Khusus untuk anak-anak biasanya dibuat film animasi kartun.


Pemanfaatan Multimedia dibidang Perfilman


6.Game


Sama halnya dengan film, game 2D atau 3D juga dapat digunakan sebagai sarana informasi, pendidikan, dokumentasi maupun hiburan. 

Game dapat digunakan sebagai alat bantu belajar untuk suatu mata pelajaran yang sulit dipahami. Game merupakan multimedia interaktif yang sangat digemari anak-anak.

Game dibuat untuk keperluan penggunaan melalui televisi atau internet sehingga dapat digunakan dimana pun.



Pemanfaatan Multimedia dibidang Game atau permainan

7.Hiburan


Multimedia dapat ditempatkan dimana saja selama masyarakat membutuhkan akses ke sumber informasi.Banyak produk multimedia masuk ke rumah tangga. Kebanyakan produk multimedia sampai ke rumah-rumah melalui televisi atau melalui jaringan komputer pribadi (PC).

Pemanfaatan Multimedia dibidang Hiburan


8.Virtual Reality


Virtual reality merupakan penggunaan multimedia untuk penjelasan secara  langsung.Virtual reality dapat digunakan sebagai sarana pemasaran, presentasi, pemodelan atau hiburan dan lain-lain. 

Virtual reality dapat digunakan untuk pemodelan 3D yang dibuat secara rinci untuk setiap bagian.
Misalnya model suatu bangunan yang sudah hancur atau tidak ada untuk keperluan pariwisata, pelestarian budaya dan sejarah.
Model itu dibuat berdasarkan dokumentasi sejarah dari perpustakaan, museum dan lain-lain.
Pemanfaatan Multimedia dibidang Virtual Reality atau metaverse





  


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama