KARAKTERISTIK DAN KEMAMPUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF
Sedikit Penjelasan sebelum masuk ke topik utama.
Multimedia pembelajaran bisa diartikan menjadi pelaksanaan multimedia yg dipakai pada proses pembelajaran,menggunakan istilah lain buat menyalurkan pesan (pengetahuan, keterampilan & sikap) dan bisa merangsang pikiran, perasaan, perhatian & kemauan,sehingga secara sengaja proses belajar itu memiliki tujuan dan terkendali.
Jika multimedia pembelajaran dipilih, dikembangkan dan dipakai secara sempurna dan baik, akan memberi manfaat yg sangat bagus bagi siswa/pengguna.
Manfaat yg bisa diperoleh yaitu proses pembelajaran lebih menarik,lebih interaktif,kualitas & sikap belajar siswa bisa ditingkatkan & proses pembelajaran bisa dilakukan dimana saja & kapan saja.
Multimedia interaktif bisa diartikan menjadi suatu contoh pembelajaran yg bisa dipakai buat menyampaikan pesan (message), merangsang pikiran, perasaan, perhatian & kemauan siswa sebagai akibatnya bisa mendorong proses belajar.
Bentuk-bentuk media dipakai untuk menaikkan pengalaman belajar supaya sebagai lebih pasti dan dipahami
Pengajaran memakai media hanya sekedar memakai kata-kata (simbol verbal). Dengan demikian, bisa kita harapkan output pengalaman belajar lebih berarti bagi siswa.
Multimedia interaktif pada pelaksanaannya, pengguna bisa menentukan apa yg akan dikerjakan selanjutnya, bertanya, dan menerima jawaban.
Setelah Penjelasan diatas, mari kita masuk ketopik utama yaitu Karakteristik dan Kemampuan Multimedia ineteraktif.
1.Karakteristik multimedia interaktif:
- Memiliki lebih menurut satu media yg konvergen, contohnya menggabungkan unsur audio dan visual.
- Bersifat interaktif, mempunyai kemampuan buat mengakomodasi respon pengguna.
- Bersifat mandiri,memberi kemudahan & melengkapi isi, sebagai akibatnya pengguna mampu memakai tanpa bimbingan orang lain.
Selain memenuhi ketiga karakteristik tersebut Multimedia Interaktif juga memiliki fungsi yaitu:
Fungsi multimedia interaktif:
- Mampu memperkuat respon pengguna secepatnya & sesering mungkin.
- Mampu menaruh kesempatan kepada siswa buat mengontrol laju kecepatan belajarnya sendiri.
- Memperhatikan bahwa siswa mengikuti suatu urutan yg koheren & terkendalikan.
- Mampu menaruh kesempatan adanya partisipasi menurut pengguna pada bentuk respon, baik berupa jawaban, pemilihan, keputusan, percobaan & lain-lain.
2. Kemampuan multimedia interaktif pada pembelajaran adalah:
- Multimedia menyediakan proses interaktif & menaruh kemudahan umpan balik.
- Multimedia memberikan kebebasan kepada siswa pada memilih topik proses belajar.
- Multimedia memberikan kemudahan kontrol yg sistematis pada proses belajar.
Baiklah sekian untuk hari ini, jika ada yang belum jelas silahkan bertanya dikolom komentar!!