Penggunaan Teks Dalam Multimedia


Penggunaan Teks Dalam Multimedia


Penggunaan Teks Dalam Multimedia

Halo Pembaca!!!

Selamat datang kembali Diblog Ini.Kali ini saya akan menjelaskan tentang Penggunaan Teks Dalam Multimedia, Sedikit pengertian teks menurut ahli, Menurut Luxemburg, Teks merupakan sebuah ekspresi dengan sintaksis pragmatis yang didalamnya berbasis konten, dan menjadi satu kesatuan, yang mana teks dartikan sebagai sesuatu yang merupakan penjelasan untuk suatu hal.

(Sumber:https://id.wikipedia.org/wiki/Teks_(teori_sastra))

Menurut penjelasan tersebut artinya penggunaan teks tidak bisa sembarangan dalam pengaplikasiannya atau penempatannya karena teks adalah sebuah penjelasan didalam konten. 

Di Multimedia sendiri penggunaan teks memiliki 2 kategori  yaitu Dalam Aplikasi dan Produk. 2 kategori ini  memiliki tujuannya masing masing . Berikut penjelasannya dibawah ini


PENGGUNAAN TEKS DALAM APLIKASI MULTIMEDIA

Penggunaan teks dalam pengembangan sebuah aplikasi multimedia perlu memperhatikan cara atau teknik berikut ini:

  • Teks yang ringkas tapi padat

Sebisa mungkin hindarkan penggunaan teks yang terlalu banyak. Kombinasi teks dengan media lain untuk menyampaikan informasi lebih bermakna.Untuk desain sebuah aplikasi multimedia, teks yang digunakan haruslah kurang dari separuh penggunaan layar.

  • Pastikan teks bisa dibaca

Pastikan jenis tulisan bisa dibaca dengan mudah. Ukuran teks yang digunakan sesuai dan bisa dibaca.

  • Pemilihan gaya tulisan dan warna teks

Gaya tulisan yang biasa digunakan adalah bold, italic dan underline. Biasanya untuk memberikan penekanan suatu isi materi. Hindari penggunaan latar belakang dan teks yang mempunyai warna hampir sama. Seperti teks warna kuning dan latarbelakang warna hijau. Kombinasi warna yang baik diantaranya hitam dan putih, hitam dan kuning, serta biru dan putih.

  • Pemilihan font dan konsep yang tepat

seorang multimedia haruslah menekankan konsep konsistensi atau keseragaman dalam penggunaan teks.Pastikan pemilihan font untuk pengembangan agar bisa dimainkan di dalam sistem komputer yang digunakan untuk tujuan umpan balik. Teks dalam bentuk grafik untuk memudahkan penyesuaian dengan sistem komputer.Teks grafik sesuai untuk judul utama atau subjudul.


PENGGUNAAN TEKS DALAM PRODUK MULTIMEDIA

Penggunaan teks dalam produk multimedia biasanya banyak bergantung kepada kreativitas pengguna sendiri, teks selalu digunakan untuk  menghantarkan informasi dan untuk kegunaan antarmuka pengguna. 

Terdapat beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat teks dalam pengembangan produk multimedia diantaranya:

  • Hati-hati dalam memilih jenis font 

Agar tampilan pada layar komputer tidak susah untuk dibaca. Penggunaan font lebih sesuai karena lebih tepat dan jelas untuk resolusi komputer seperti font jenis san serif. 

  • Kurangi penggunaan font typefaces  

Karena font yang banyak bisa mengganggu penglihatan pengguna aplikasi. 

  • Beri jarak atau ruang 

Teks tidak bisa terlalu dekat dengan gambar atau video karena akan menyulitkan untuk dibaca pengguna. Berhati-hati meletakkan teks pada gambar, terutama menentukan warna, font, dan ukuran teks. 

  • Menggunakan teks dari berbagai ukuran, jenis, ketebalan dan sebagainya untuk menghantarkan pesan 

Contohnya untuk menarik perhatian pengguna, hendaknya menggunakan teks yang lebih besar dan font yang tebal. 

Menggunakan teks warna putih kalau latar belakangnya berwarna hitam ataupun warna yang gelap. 

Selain itu hindari menggunakan warna yang sama atau campuran warna yang menyerupai warna latar belakang. Menggunakan warped, curved, shadowed untuk menarik perhatian pengguna. 





2 Komentar

Lebih baru Lebih lama